TENTARA NASIONAL INDONESIA - KOMANDO DAERAH MILITER XIII/MERDEKA

Pasukan Pengamanan VVIP di Palu, Kodam XIII/Merdeka Gelar Kesiapan

By , Comment
Share on Facebook Tweet on Twitter
Pangdam XIII/Mdk dan Danrem 132/Tdl Komunikasi langsung dengan pendukung Pam VVIP


Pendam XIII/Mdk, Kodam XIII/ Merdeka gelar apel kesiapan pasukan di Lapangan Makorem 132/Tadulako kota Palu Sulawesi Tengah, Rabu (30/1/2019, untuk pengamanan VVIP kunjungan Wakil Presiden RI H. Jusuf Kalla.

Dalam apel gelar pasukan tersebut hadir, Danrem 132/Tadulako Kolonel Inf Agus Sasmita, Wakapolda Sulteng Kombes Pol Drs Setyo Budi Mumpuni,  Danpomdam XIII/Mdk Kolonel CPM Antonius Widodo, DIR Obvit Polda Sulteng Kombes Pol Suprayitno, Asintel Kasdam XIII/Mdk Kolonel Inf Dedi Iswanto dan Asops Kasdam XIII/Mdk Kolonel Inf Musa David Hasibuan.  Selain itu juga dihadiri oleh pejabat lainnya antara lain, Kakesdam XIII/Mdk Kolonel CKM Dr. Benny Untu, Kahubdam XIII/Mdk, dan Kapendam XIII/Mdk Kolonel Kav M. Jaelani, serta Dandim 1306/Dgl.

Peserta apel gelar pasukan pengamanan VVIP kunjungan Wakil Presiden RI berjumlah sekitar 300 orang, yang terdiri dari unsur TNI, Polri dan unsur Pemda.

Pangdam XIII/Mdk dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danrem 132/Tdl mengatakan bahwa apel Gelar Pasukan ditujukan untuk mengecek kesiapan satuan pengamanan VVIP.   ”Gelar kesiapan pasukan dalam rangka pengamanan kunjungan Wakil Presiden RI H Jusuf Kalla ditujukan untuk mengecek kesiapan Satuan Tugas Pengamanan VVIP, baik secara organisasi, kesiapan personel, materiil, alat perlengkapan maupun sarana pendukung lainnya.” Kata Pangdam.


Danrem 132/Tdl melaporkan kekuatan Personel Pam VVIP
Lebih lanjut disampaikan oleh Jenderal Bintang Dua ini bahwa Sinergitas dan kerjasama antar komponen bangsa bisa dapat menciptakan keamanan dalam kunjungan ini.   “Kunjungan kerja Wakil Presiden RI di Palu ini harus  dapat  berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Mari kita tunjukkan bersama bahwa aparat negara yang bertugas di Sulawesi Tengah ini yakni TNI, Polri dan Pemerintah Daerah mampu bersinergi dengan baik dan bekerja secara profesional.” Lanjut Mayjen Tiopan.

Pangdam juga berharap agar setiap personel mengetahui tugas dan perannya. “Saya tentunya sangat berharap bahwa seluruh personel Satgaspam VVIP benar-benar siap melaksanakan tugas negara ini, untuk itu, setiap objek kunjungan harus steril baik sebelum, selama maupun sesudah kunjungan.” Harap Pangdam.

“Harus diingat bahwa Pengamanan VVIP tidak membedakan status Presiden atau Wakil Presiden, karena standar pengamanan  yang  menjadi  acuan adalah Standar Pengamanan VVIP.” Lanjut Pangdam.

Dalam pelaksanaan Tugas pengamanan ini, Pangdam memberikan beberapa penekanan kepada seluruh personel Satgaspam VVIP. “Dalam menghadapi tugas yang mulia ini, perlu saya tekankan beberapa hal sebagai berikut : Pertama, siapkan mental, fisik dan kedisiplinan untuk menyukseskan kegiatan Pengamanan kunjungan kerja Wakil Presiden RI di Palu Sulawesi Tengah.
Kedua, hindarkan tindakan yang tidak simpatik, arogan dan sok kuasa yang tidak mencerminkan perilaku seorang aparat negara.
Ketiga, waspadai dan monitor daerah-daerah rawan dengan upaya antisipasi penanganan secara terpadu dan lintas sektoral.
Keempat,  bertindaklah  secara sigap, cepat dan tepat dalam mengambil keputusan serta penuh perhitungan yang matang terhadap  setiap permasalahan yang berpotensi menimbulkan ancaman. Kelima, pelihara kebersamaan dan tingkatkan kerjasama serta koordinasi di antara Prajurit TNI, Polri dan unsur Pemda yang tergabung dalam satuan pengamanan VVIP sebagai satu kekuatan yang sinergis.”Tutupnya.

Autentikasi
Kapendam XIII/Mdk Kolonel Kav M Jaelani

ADMIN

author
suwarnoRealase at

Nothing

0 komentar

Comment Now