TENTARA NASIONAL INDONESIA - KOMANDO DAERAH MILITER XIII/MERDEKA

ANTISIPASI PENYAKIT PADI, BABINSA DUMOGA BANTU PETANI CABUT GULMA

By , Comment
Share on Facebook Tweet on Twitter

B O L M O N G - Anggota Koramil 1303-07/Dumoga Babinsa Desa Dumoga Serda Laode Edy melaksanakan kegiatan pendampingan kepada petani dalam rangka mewujudkan program swasembada pangan, Sabtu (01/12/2018).

Pendampingan tersebut dilaksanakan dengan membantu Bp H Joel Manggopa yang merupakan salah seorang warga Desa Dumoga Kecamatan Dumoga Timur Kabupaten Bolmong tergabung dalam Kelompok Tani (poktan) “Mandiri“ melakukan perawatan tanaman padi varitas Serayu seluas 2 Hektar dengan penyiangan dan mencabut gulma yang tumbuh di sela-sela tanaman padi.

“Gulma merupakan musuh tanaman padi yang harus dibasmi, karena tumbuhnya gulma dapat menghambat pertumbuhan padi, sehingga program ketahanan pangan juga bisa ikut terhambat”, Ujar Babinsa.

Di tempat berbeda, Danramil 1303-07/Dumoga Lettu Inf Felix Rawung menuturkan, kegiatan pendampingan kepada para petani yang dilakukan Babinsa merupakan bagian upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan dalam mendukung dan mensukseskan program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah, khususnya di wilayah Kabupaten Bolmong.

Kegiatan pendampingan ini, dilaksanakan mulai pengolahan lahan, masa tanam, masa perawatan hingga masa panen, dan dalam pelaksanaannya, dikoordinasikan dan bekerjasama dengan BPP Dinas Pertanian yang ada di Kecamatan Dumoga Kabupaten Bolmong,” tegas Danramil.

ADMIN

author
suwarnoRealase at

Nothing

0 komentar

Comment Now