TENTARA NASIONAL INDONESIA - KOMANDO DAERAH MILITER XIII/MERDEKA

JAGA KESUBURAN TANAMAN JAGUNG, SERDA RAMLI BERSAMA PETANI LAKSANAKAN PENYEMPROTAN GULMA

By , Comment
Share on Facebook Tweet on Twitter
photo_2018-11-05_09-31-58

photo_2018-11-05_09-32-52B O L M O N G - Babinsa Koramil 1303-10/Poigar jajaran Kodim 1303/Bolmong Serda Ramli membantu Poktan "Moonow" melakukan penyemprotan rumput ( Gulma ) pada tanaman jagung milik Bapak Armin Mokodongan yang bertempat di Desa Poigar III Kecamatan Poigar Kab Bolmong pada lahan seluas 1 Ha, Senin (05/11/2018).


Penyemprotan rumput dilakukan agar menghasilkan tanaman jagung yang sehat dan subur, “Perawatan wajib dilakukan terutama pembersihan rumput liar atau gulma dan ini dilakukan sejak jagung sudah mulai tumbuh,” Ujar Serda Ramli.


Menurutnya, Gulma adalah tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan pada lahan pertanian, karena akan menurunkan hasil dari tanaman produksi. “Beberapa jenis tumbuhan dikenal sebagai gulma utama, seperti teki dan alang-alang,” tambah Babinsa.


Sebagai seorang Babinsa merasa bertanggung jawab untuk membantu produksi hasil pertanian desa binaannya, hal itu dilakukannya dengan mengingatkan para petani binaannya agar kesuksesan dan kesejahteraan masyarakat desa binaannya tercapai.


“Pembersihan rumput sebaiknya dilakukan secara terus – menerus sampai buah jagung sudah mulai tua dan batang jagung mulai mengering. Saat jagung sudah mulai kering, pembersihan rumput dapat dilakukan dengan menggunakan herbisida.” Tutup Serda Ramli.

ADMIN

author
suwarnoRealase at

Nothing

0 komentar

Comment Now