TENTARA NASIONAL INDONESIA - KOMANDO DAERAH MILITER XIII/MERDEKA

KEJAR TARGET CSB, KODIM 1303/BM MELALUI BABINSA LAKUKAN PENGAWASAN

By , Comment
Share on Facebook Tweet on Twitter
photo_2018-07-25_19-32-21

photo_2018-07-25_16-57-56B O L M U T - Kebutuhan pangan terus meningkat sedangkan alih fungsi lahan persawahan setiap tahunnya tidak bertambah, Karenanya diperlukan penambahan lahan tanaman pangan melalui program perluasan sawah atau Cetak Sawah Baru (CSB) guna mendorong percepatan pencapaian target.


Maka dari itu Serda Suhaimi selaku Babinsa Koramil 1303-13/Kaidipang melaksanakan pengawasan dan pendampingan kegiatan perluasan cetak sawah baru TA. 2018 yang bertempat di Desa Boroko Kecamatan Kaidipang Kab Bolmut yang sudah menjadi wilayah tanggung jawabnya, Kamis (26/07/2018).


Program perluasan cetak sawah TA. 2018 merupakan program Kementerian Pertanian Republik Indonesia melalui Dinas Pertanian Kabupaten Bolmong yang akan melaksanakan Kegiatan Perluasan Areal Sawah atau Cetak Sawah Baru tahun 2018 yang tersebar di Dua Kabupaten dan Delapan Kecamatan se-Bolaang Mongondow dengan total luas keseluruhan 300 Ha yang tersebar di Kabupaten Bolmong 5 Kecamatan yang terdiri dari Kecamatan Passi Barat tepatnya di Desa Wangga 15 Ha, Kecamatan Dumoga di Desa Serasi dan Pusian dengan total 31,43 , Kecamatan Dumoga Utara di Desa Mopugad Utara 12,75 Ha, Kecamatan Dumoga Barat di Desa Makaruo, Toraut Utara dan Desa Toraut Tengah dengan total luas lahan 62,32 Ha, Kecamatan Lolak yang terdiri dari Desa Solog, Buntslo Selatan, Pindolili, dan Desa Lolak dengan total luas lahan 81,5 Ha.


Sedangkan untuk Kabupaten Bolmut yang terdiri dari Kecamatan Kaidipang terbagi atas Desa Solo, Boroko, dan Desa Bigo Selatan mendapatkan alokasi dengan total 46,2 Ha, Kecamatan Bolangitang Barat terdiri atas Desa Paku Selatan (Hunia), Desa Paku Selatan (Potanga), dan Desa Paku C (Inaulas) dengan total lahan 38,8 Ha dan Kecamatan Bintauna terdiri dari Kelurahan Bintauna dan Desa Kopi dengan total lahan 15 Ha yang akan dikerjakan.


Sampai dengan tanggal 25 Juli 2018 kemarin perluasan cetak sawah di Desa Boroko sudah mencapai 0,75 Ha dari 20,80 Ha yang di targetkan.


Kegiatan pendampingan dilapangan yang dilaksanakan oleh para Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 1303/Bolmong sudah sesuai dengan perintah dari Komando Atas karena Dandim 1303/Bolmong Letkol Inf Sigit Dwi Cahyono selaku Koordinator Wilayah perluasan sawah sehingga dalam pelaksanaannya melibatkan para Danramil dan Babinsa sampai di tingkat Kabupaten.


Sesuai dengan program swasembada pangan yang harus terpenuhi oleh pemerintah. Dan untuk mensukseskan program tersebut pemerintah melibatkan semua komponen yang ada. TNI sebagai alat negara selalu siap melaksanakan perintah yang menjadi kebijakan Pemerintah Pusat.

ADMIN

author
suwarnoRealase at

Nothing

0 komentar

Comment Now