TENTARA NASIONAL INDONESIA - KOMANDO DAERAH MILITER XIII/MERDEKA

Hadirnya Yonif 717, Dorong Pertumbuhan Keamanan dan Ekonomi Talaud

By , Comment
Share on Facebook Tweet on Twitter
Talaud.  -Dalam kunjungan kerjanya ke Kecamatan Rains, Kamis (26/4) 2018, Plt Bupati Petrus Simon Tuange meninjau lokasi pembangunan Batalyon Infantri (Yonif) 717 Talaud dan pembangunan jalan karya bhakti. Tuange mengatakan, kehadiran Yonif 717 adalah bukti keberpihakan negara di tengah-tengah masyarakat, khususnya di Kepulauan Talaud, sebagai daerah perbatasan NKRI. Karena itu, kata Tuange, pemerintah daerah mempercepat proses pengoperasian Batalyon dengan segera mengalokasikan anggaran pembebasan lahan. “Kita akan rapat bersama tim anggaran, dan membicarakan persiapan alokasi dana pengadaan tanah kepentingan pemerintah daerah termasuk Batalyon ini, dan juga beberapa posal (pos angkatan laut). Kita coba alokasikan dana terkait itu semua,” kata Tuange.

Dandim 1312/Talaud Letkol (Armed) Gregorius Eka Setiawan, berharap, penempatan Yonif 717 di Desa Perangen, tidak hanya memperkuat pertahanan dan keamanan. Tetapi juga akan berdampak positif terhadap sosial, ekonomi, dan budaya. Dari sisi ekonomi, Setiawan memperkirakan, dengan penempatan satuan itu, ada sekira Rp2 miliar uang akan beredar di Rainis. Karena itu, dia mendorong warga setempat mulai memikirkan peluang-peluang usaha yang boleh dibuka. “Tidak mungkin manusia tidak makan nasi, tidak makan sayur. Tidak mungkin tidak beli gas, tidak mungkin tidak beli pulsa. Tidak mungkin tidak beli bensin untuk motor, tidak mungkin tidak beli air minum. Oleh karena itu, masyarakat mulai sekarang sudah mulai berpikir peluang-peluang usaha yang boleh dibuka,” ujarnya.

Lebih lanjut, Setiawan menjelaskan, proses penempatan satuan melewati 3 tahap. Persiapan, pembentukan, dan pelaksanaan atau pengoperasian. Dan saat ini, pada tahap persiapan yang meliputi pembebasan lahan dan hibah.Dia berharap, pemerintah daerah dapat mempercepat proses pembebasan lahan dan hibah tersebut agar proses pembentukan dan pelaksanaan pun bisa dipercepat.

ADMIN

author
suwarnoRealase at

Nothing

0 komentar

Comment Now