TENTARA NASIONAL INDONESIA - KOMANDO DAERAH MILITER XIII/MERDEKA

Dandim 1304/Gorontalo Panen Cabai Percontohan Perdana Kerjasama dengan BI

By , Comment
Share on Facebook Tweet on Twitter
Gorontalo.   -Cabai sudah menjadi salah satu bahan pokok utama pangan  di Prov. Gorontalo megingat masyarakat Gorontalo mayoritas berselera makanan pedas. Harga cabai yang beredar di pasar tradisional semakin hari semakin mengalami kenaikan harga. Per tanggal 8 April 2018 harga cabai sebagai contoh di pasar tradisional Kec. Limboto Kab. Gorontalo mencapai Rp 60.000,- Per Kilo gramnya. Melihat kondisi yang demikian dalam rangka menekan harga jual Cabai Kodim 1304/Gorontalo melaksanakan kerja sama MOU dengan Bank Indonesia (BI) untuk membantu Petani dalam meproduksi tanaman cabai agar mengurangi beban/biaya dalam produksi tanaman cabai sehingga harga jual cabai nantinya akan kembali turun dan mengurangi beban biaya konsumen Masyarakat.

Pasiter Kodim 1304/Gorontalo Kapten Czi Hasan Ibrahim melaksanakan kordinasi dengan aparat desa setempat untuk menyiapkan lahan milik warga yang akan dijadikan lahan percontohan tanaman cabai di Desa Dungaliyo Kec. Dungaliyo Kab. Gorontalo yaitu milik bapak  Hamu Ketua Kelompok Tani Makmur Satu di Wilayah Koramil 1304-07/Batudaa. Bank Indonesia (BI) menyediakan berbagai bantuan kepada Petani seperti bibit, pupuk serta pestisida. Pengerjaan lahan tanaman cabai dilakukan oleh Kelompok tani Makmur satu dengan di dampingi Babinsa Koramil 1304-07/Batudaa Kopda Ishak dan Plh. Danramil 1304-07/Batudaa Peltu Suyanto. Kelompok tani juga diberikan berbagai pelatihan seperti teknik budidaya, penanganan hama penyakit dan tanaman. Termasuk pelatihan paska panen oleh Kopda Ishak Babinsa Koramil 1304-07/Batudaa. Kegiatan penanaman cabai percontohan ini dilaksankan sejak tanggal 17 Desember 2017 dan diawasi langsung oleh Plh. Danramil 1304-07/Batudaa Pelda Suyanto.

Dandim 1304/Gorontalo Letkol Inf Allan Surya Lesmana, S.Sos kali ini berkesempatan melaksanakan panen cabai perdana bersama Kepala Bank Indonesia Cab. Gorontalo Ytu Bapak Ricky Perdana Gozali (Selasa 10 -4- 2018). Panen cabai percontohan dengan luas lahan 2 hektar ini sangat memuaskan dengan hasil cabai mencapai hingga 1 ton dan rencan akan dijual oleh kelompot tani makmur kepada masyarakat dengan harga kesepakatan yaitu Rp 30.000, – Per Kilogramnya. Sejak awal kerjasama MOU Koadim 1304/Gorontalo dengan Bank Indonesia bertujuan agar mengurangi beban penderitaan warga sekitar akibat kenaikan harga jual cabai di Prov. Gorontalo. Panen cabe bersama dilaksanakan atas dasar MOU antara Bank Indonesia dan Kodim 1304/Gtl dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan bagi masyarakat di Wilayah Provinsin Gorontalo.
Kegiatan panen cabai perdana ini dihadiri juga oleh Bapak Akhmad Kosasih (Wakil Kepala BI Cab. Gorontalo), Bapak Alexius Karame (Kapolsek Bongomeme), Bapak Warno (Kepala BP3K), Bapak Djamaludin Daeng Mile, M.Si (Camat Dungaliyo), Kapten Czi Ibrahim Hasan (Pasiter Kodim 1304/Gtl), Peltu Suyanto (Danramil 07 Batudaa), Para Babinsa Koramil 1304-07/ Batudaa, Para Staf Bank Imdonesia dan Para Kades dan Pok Tani.

Cabai memang merupakan salah satu komponen kebutuhan Pangan pokok masyarakat yang sangat rentan mengalami gejolak harga, sehingga membutuhkan upaya terus menerus untuk menjaganya. maka dari itu Dandim 1304/Gorontalo Letkol Inf Allan Surya Lesman menghimbau kepada para Danramil dan Babinsa agar mengajak seluruh warga binaan masing  untuk ikut menanam cabai di pekarangan rumah mereka untuk menjaga inflasi bahan kebutuhan pokok seperti cabai.

ADMIN

author
suwarnoRealase at

Nothing

0 komentar

Comment Now