TENTARA NASIONAL INDONESIA - KOMANDO DAERAH MILITER XIII/MERDEKA

Bupati Bone Bolango Panen Padi Bersama Tim Sergab Dari Mabesad

By , Comment
Share on Facebook Tweet on Twitter
Gorontalo.  -Bupati Bone Bolango Hi Hamim Pou S.Kom didampingi Dandim 1304/Gorontalo Letkol Inf Allan Surya Lesamana, S.Sos, M.Si melaksanakn panen Padi bersama Tim Sergab (Serapan Gabah) dari Mabesad (Selasa 17/4/2018) Pkl 08.15 Wita bertempat di Desa Dutohe Barat Kec Kabila Kab Bone Bolango di laksanakan gerakan panen raya Padi bersama dan peninjauan kesiapan serapan gabah petani (Sergap) mabes TNI-AD tahun 2018.  Adapun tujuan kunjungan Tim Sergab Mabesad di Provinsi Gorontalo selain untuk memberikan motivasi kepada pada petani sawah agar meningkatkan produksi Gabah petani tepai juga untuk mengetahui langsung data Serapan Gabah di Prov. Gorontalo yang sudah terserap oleh Bulog tujuan utama menyerap gabah Bulog yaitu untuk memaksimalkan jumlah cadangan beras nasional. Perlu diketahui, dengan meningkatnya cadangan beras nasional, maka hal ini akan berimbas pada stabilnya harga beras di tanah air. Selain itu, kondisi ini juga bisa berpotensi menurunkan permainan spekulan yang sering mempermainkan harga dan menekan dorongan import akibat kurangnya cadangan beras nasional.

Agenda Ketua Tim Sergab dari Mabesad  Kolonel Inf Sudrajat  dan Kolonel Inf Rahmawan Trimulyono berkunjung ke Wilayah Kodim 1304/Gtl yaitu melaksanakan penen Padi bersama di Kab. Bone Bolango dan pengecekan data serapan Gabah yang ada di Kantor Bulog Prov. Gorontalo. Adapun yang sempat hadir dalam kegiatan tersebut Ytu : Kapten Czi Ibrahim Hasan (Pasiter Dim 1304/Gtl), Ipda Waluya (Wakapolsek Kabila res bonebolango), Ibu Roswati agus Plt. Kadis Pertanian dan Peternakan Kab Bonebolango, Ir Ramdan Pade (Kabid sarana produksi mewakili Kadis Pertanian Prov Gorontalo), Bapak Roswandono (SPD Petrokimia Gresik Produsen Petrokimia Gresik, Bapak Nur Alam (Distributor Kopersi Perdagangan Indonesia Petrokimia Gresik), Reza gobel (distributor PTPI Petrokimia Gresik), Bapak Udin kuku (Camat Kabila), Bapak Salim Kiayi (Kades Dutohe Barat), Samuel .C Hermances (Kasubdivre Bulog Gorontalo), Amir Gani (kasi pengadaan Bulog Gorontalo), Mayor Inf Abubakar (Pabung 1304 Wil Bonebolango), Para Babinsa Koramil 1304-10/Suwawa, Para penyuluh pendamping, Pok Tani masyarakat Petani Sawah.


Pada kesempatanta Dandim 1304/Gtl Letkol Inf Allan Surya Lesmana, S.Sos memberikan sambutan yang pada intinya yaitu : ucapan terima kasij kepada seluruh petani yang hadir untuk bersama sama melaksanakan panen raya dengan Tim Sergap Mabes TNI-AD. Kegiatan ini tidak bisa dilaksanakan sendiri dan harus kerja sama dengan segala pihak dan terima kasih kepada semua petani yang selama ini bekerja sama dengan Kodim 1304/Gorontalo Setelah pelaksanaan panen ini kita akan melaksanakan musim tanam padi lagi pada bulan April sampai juli agar ketersedian beras terus berkesinambungan. Kegiatan ini di laksankan untuk memberikan motivasi kepada petani agar target pencapaian Serapan Gabah kita bisa tercapai.

Kemudian dilanjtkan dengan Sambutan dari Ketua Tim Sergap Mabesad Kolonel Inf Sudrajat yaitu :  tahun ini kami mendapat tugas dari Mabesad untuk melaksanakan pemantauan Serapan Gabah Bulog di Wilyah Kodam XIII/Merdeka yang meliputi Prov. Gorontalo, Prov.  Sulut dan Prov Sulteng. Kegiatan ini untuk membangun sinergitas antara Pemerintah Daerah, Petani dan TNI-AD tiada lain untuk membantu pihak Pertanian, Bulog dalam rangka peningkatan Produksi Beras khususnya di wilayah Prov Gorontalo. Terima kasih kepada masyarakat yang hadir khususnya para Petani sawah untuk bersama dengan kami dari Tim Sergap Mabes TNI-AD ini adalah bentuk Komitmen dari TNI untuk membantu memberikan motivasi kepada petani agar terus meningkatkan produksi gabah petani dan pencapaian target Serapan Gabah di Bulog.

Bupati Bonebolango Hi. Mamim Pou, S.Kom juga diberikan kesempata memberikan sambuta yang intinya yaitu Problem yang di hadapi hari ini para Petani dari tahun ke tahun harus meningkat Produksi Gabah, Petani saat ini bukan lagi sebagai pemilik sawah tapi hanya sebagai penggarap sawah saja karena sudah terikat dengan utang sehingga setiap selesai panen para petani harus membayar utang. Petani di himbau untuk agar melaksnakan tanam jajar legowo tapi para Petani belum ada yang berminat dengan metode demikian dengan alasan takut gagal panen padahal jajar legowo bisa meningkatkan pendapatan petani. Di negara jepang petani panennya 4 tahun sekali tapi kita di Gorontalo hanya 2 kali padahal di Bonebolango sumber daya alam sangat besar terdapat dua sungai yang besar dan dua irigasi yakni Irigasi Alale dan Irigasi Lomaya yang mampu mengairi 3 Kabupaten di Prov Gorontalo. Kami juga berharap lebih dari dukungan dari TNI-AD agar Petani bisa mau bekerja untuk mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan doktrin TNI bersam Rakyat Kuat. Lahan sawah di daerah sini tidak begitu luas hanya 2 Ribu Hektar karena Bonebolango sebagian wilayah merupakan taman nasional. Tapi Bonebolango punya hasil unggulan yakni Kopi Pinogu. Semoga melalui kegiatan sergap ini bisa meningkatkan penghasilan gabah dan kesejatraan petani.

ADMIN

author
suwarnoRealase at

Nothing

0 komentar

Comment Now