TENTARA NASIONAL INDONESIA - KOMANDO DAERAH MILITER XIII/MERDEKA

Dandim 1310/Bitung Tanam Pohon Endemik Sulawesi Utara

By , Comment
Share on Facebook Tweet on Twitter
MINAHASA UTARA - Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos. laksanakan Penanaman Pohon Endemik Sulawesi Utara di Lahan Kelompok Tani Hutan Sinar Pinilih,  Desa Pinilih Kec. Dimembe Kab. Minut, (27/2/2018).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos., mewakili Bupati Minut, Kadis Pariwisata Kab.Minut Theodora Luntungan, Danramil 1310-04/Dimembe Kapten Inf M.Takumangsang bersama anggota, Badan Diklat Prov. Bpk Junaidi Joro, Hukum Tua Desa Pinilih Fredrik Longdong, Pemilik lahan Bpk. A. Tarigan serta para rombongan Australia Award Indonesia.

Kegiatan penanaman pohon pun di awali dengan beberapa penyampaian diantaranya, penyampaian oleh Peserta Award Australia Indonesia, Bpk Marlon Kamagi yang menjelaskan tentang jenis pohon yang akan ditanam, serta kegunaan pohon yang ditanam, para peserta penanam pohon akan mempunyai KTP (Kartu Tanda Pohon), dan pohon tersebut bisa dilihat di internet, dilokasi penanaman ini akan menjadi pusat kebun rakayat (pembibitan), kedepan kita akan melaksanakan penelitian tentang pohon.

Dari pihak Dosen Griwic Australia, Pakar Pariwisata  Prof Noel Scott(Australia) dan Robert Meteus (Komjen Australia) menyampaikan, mudah-mudahan lewat kegiatan ini bisa memperkuat tali persaudaraan lewat Pariwisata, Manado mempunyai aset wisata yang sangat banyak dan bagus, seperti halnya Pulau Bunaken.

Pada kesempatan itu juga, Kadis Pariwisata dalam sambutannya sangat mengapresiasi terhadap  kegiatan yang akan  dilaksanakan di daerah Pemerintah Kab. Minut, "Diwilayah kami banyak objek wisata serta budaya yang akan diajukan ke Unesco yaitu budaya Kolintang, apabila ada infestor dari luar bisa melihat pariwisata di Kab. Minut, kami pemerintah Kab. Minut mengucapkan selamat datang", sapanya.


Kegiatan penanaman Pohon dilahan Kelompok Tani Hutan Sinar Pinilih dilaksanakan secara simbolis sebanyak 14 Pohon, dan rencana yang akan ditanam sebanyak 20.000 Pohon di lokasi lahan seluas kurang lebih 38 Ha. Adapun Jenis Pohon yang ditanam seperti Pohon Eboni, Pohon Pakoba, Pohon Mangga Damar, Pohon Cempaka Wasian, Pohon Nantu, Pohon Kayu Manis, Pohon Terambesi, Pohon Bitung dan Pohon Bungarau.

Setiap pohon yang ditanam diberikan barkot/KTP ( Kartu Tanda Pohon), tujuanya agar kita bisa mengetahui siapa yang menanam, pemiliknya siapa, ketinggiannya berapa. Dan dengan ditanamnya pohon ini agar menyerap air hujan. Dengan demikian, banyaknya kelompok pohon-pohon akan menjadikan daerah sebagai daerah resapan/persediaan air tanah yang dapat memenuhi kehidupan bagi manusia dan makhluk lainnya

Selain itu juga, tujuan dilaksanakan kegiatan ini yaitu untuk menyelamatkan mata air yang ada di seputaran Gunung Klabat serta menjadikan Gunung Klabat bisa lestari.

ADMIN

author
suwarnoRealase at

Nothing

0 komentar

Comment Now