TENTARA NASIONAL INDONESIA - KOMANDO DAERAH MILITER XIII/MERDEKA

Babinsa Ramil 1304-04/Tapa Bantu Petani Basmi Hama

By , Comment
Share on Facebook Tweet on Twitter
Gorontalo.  -Padi/Beras merupakan tanaman pangan yang memiliki peranan pokok dan sangat penting sebagai pemenuh kebutuhan pangan di Indonesia, Kebutuhan Padi/Beras dalam negeri setiap tahunnya cenderung meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. sehingga dari sisi Ketahanan Pangan Nasional fungsinya Beras/Padi menjadi amat penting dan strategis. Upaya Babinsa Kodim 1304/Gorontalo dalam terus melaksanakan pendampingan pertanian bertujuan guna mencapai target ketahanan Pangan Nasional. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi hasil produksi pertanian, salah satu di antaranya adalah ganguan hama, seperti yang dilakukan Serda Resmi Nur Babinsa Ramil 1304-04/Tapa yaitu membantu petani di desa bandungan Kec. Bulango Utara Kab. Bone Bolango Prov. Gorontalo dalam pembasmian hama enggerek batang padi dengan menggunakan Pestisida.
Pendampingan dan pengawalan Pertanian oleh Babinsa Kodim 1304/Gorontalo menjadi unsur penting dalam menggerakkan para petani untuk giat melaksanakan ketahanan pangan. Babinsa sebagai Motifator dan penggerak sekaligus berperan sebagai edukator dalam usaha pertanian, segala bentuk permasalahan yang dihadapi dalam proses produksi pertanian peran Babinsa sangatlah di butuhkan melalui kegiatan UPSUS (Upaya Khusus) untuk meningkatkan produksi pertanian dalam rangka mencapai Swasembada berkelanjutan. Tugas Babinsa Kodim 1304/Gorontalo tidak hanya itu juga dalam proses panen padi Babinsa harus mampu memastikan bahwa hasil panen dapat di serap ke Bulog ini merupakan daklanjut dari  arahan Presiden Jokowi untuk menjaga kedaulatan pangan dengan menyerap gabah petani perintah dari Presiden RI Joko Widodo melalui Perpres 20/2017.

Untuk menjaga stabilnya serapan beras ke Bulog Maka dari itu Dandim 1304/Gorontalo Letkol Inf Allan Surya Lesmana, S.Sos melaksnakan kegiatan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dalam rangka percepatan serapan Gabah dan beras antara Kodim 1304/Gtlo, BRI Cab. Gorontalo dan Subdrive Bulog Gorontalo (26 /2/2018) kegiatan dilaksnakan di Ruang Data Kodim 1304/Gtlo Jl. Nani Wartbone Kel. Biawau Kec. Kota Selatan Kota Gorontalo telah dilaksanakan . Dalam kegiatan tersebut dihadiri juga Bpk. Castro Hermanses (Kepala Subdrive Bulog Gorontalo), Bpk. Purwanto ( Kepala BRI Cab. Gorontalo), Kapten Czi Hasan Ibrahim ( Pasiter Kodim 1304/Gtlo), Bpk. Amir Gani (Kabid Subdrive Bulog Gorontalo).

Penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU dilaksanakan dalam rangka peningkatan serapan gabah maupun beras untuk percepatan hasil produksi sesuai tuntunan dari Komando atas sebagai Upaya khusus peningkatan swasembada pangan.

ADMIN

author
suwarnoRealase at

Nothing

0 komentar

Comment Now