TENTARA NASIONAL INDONESIA - KOMANDO DAERAH MILITER XIII/MERDEKA

Karnaval Bendi Hias Dibuka Bupati JWS Dihadiri Dandim Minahasa

By , Comment
Share on Facebook Tweet on Twitter
MINAHASA – FESTIVAL Benteng Moraya bertajuk Karnaval Bendi Hias, secara langsung dibuka Bupati Minahasa di kompleks Benteng Moraya, kecamatan Tondano Barat, kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut), pada Jumat (09/02). Karnaval Bendi Hias dihadiri Wakil Bupati Ivan Sarudanjang, Sekretaris daerah kabupaten Minahasa JR Korengkeng, Ketua TP-PKK Minahasa Olga Singkoh Sajow, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf. Juberth Nixon Purnama STh, Kapolres Minahasa AKBP Christ R Pusung SIK, Kajari Minahasa, Kadis dan Kabag di Minahasa, Forkopimda dan pejabat lainnya, dibuka dan ditandai dengan pemukulan Tetengkoren.



Karnaval Bendi Hias diselenggarakan oleh tangan-tangan tim kreatif Dinas Parawisata Minahasa menampilkan ciri khas unik guna melestarikan budaya Minahasa sekaligus menarik minat wisatawan mancanegara. Pasalnya, angkutan tanpa mesin atau angkutan tradisional masyarakat Minahasa masih diminati masyarakat luas.  Selaku Kepala Pemerintah Daerah, saya mengucapkan selamat datang para peserta dan undangan sekalian dalam memeriahkan Festival Benteng Moraya ini. Karnaval bendi hias dijadikan agenda tahunan karena festival seperti ini merupakan sebuah kekayaan masyarakat maupun pemerintah yang telah diwariskan para leluhur kita. Meski angkutan tradisional telah digantikan angkutan bermesin namun sebagian masyarakat masih menyukai Bendi, kata Bupati Drs Jantje Wowiling Sajow MSi yang akrab disebut JWS mengawali sambutannya.

Bupati Sajow berharap siapapun pemimpin kabupaten Minahasa nanti, baiklah menjadikan festival berupa karnaval bendi hias dilestarikan di samping program pembangunan.  Siapapun yang akan menjadi pemimpin di Kabupaten Minahasa ke depan, haruslah menjadikan kegiatan seperti ini dijadikan sebagai prioritas di samping program pembangunan. Sebab, kita tidak boleh melupakan sejarah. Dan lebih penting lagi kegiatan seperti ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke wilayah Minahasa,” tandasnya. Di akhir sambutan, Bupati didampingi Forkopimda Minahasa bersama pejabat terkait langsung membuka pelaksanaan kegiatan dengan pemukulan Tetengkoren diikuti iring-iringan peserta karnaval bendi hias. Adapun karnaval bendi hias mengambil start dari Komplek Benteng Moraya dan berakhir atau finish di Lapangan Samratulangi atau Taman God Bless Minahasa.

ADMIN

author
suwarnoRealase at

Nothing

0 komentar

Comment Now