TENTARA NASIONAL INDONESIA - KOMANDO DAERAH MILITER XIII/MERDEKA

PEMBUATAN JAMBAN SEHAT DIMOTORI BABINSA PINOLOSIAN

By , Comment
Share on Facebook Tweet on Twitter
photo_2017-12-15_09-41-16

BOLSEL – Untuk mensukseskan program pemerintah tentang jambanisasi bagi masyarakat kurang mampu, TNI Angkatan Darat melalui jajaran Satuan Komando Wilayah (Satkowil) Teritorial Kodim 1303/BM menindaklanjuti dengan melibatkan jajaran Koramil melakukan pendampingan pembuatan jamban sehat.


Seperti yang terlihat di Koramil 06/Pinolosian, Babinsa Ilomata Serda Wahyudin melakukan pendampingan pembuatan jamban di rumah Bapak Yunus Moha, wargaDesa Ilomata Kecamatan Pinolosian, Kabupaten Bolsel, Kamis (14/12).


Danramil 06/Pinolosian Lettu Inf Muyassir mengatakan, program ini merupakan program penyediaan sarana sanitasi jamban sehat berbasis masyarakat. Serta, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk stop buang air besar (BAB) sembarangan. Program stop BAB sembarangan dilakukan melalui kegiatan penyuluhan yang bersifat edutainment untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan dan pembuatan jamban,” terang Danramil.


Menurut Serda Wahyudin, sebagai Babinsa dirinya bersama teman-teman Babinsa lainnya yang ada di Koramil 06/Pinolosian selain melaksanakan pendampingan dengan petani, namun pembuatan jamban keluarga pun terus di gencarkan. “Pembuatan jamban merupakan program dari Komando Atas yang harus dilaksanakan melalui kegiatan karya bakti TNI,” jelas Wahyudin.


Kegiatan pembuatan jamban dimulai dengan penggalian lubang septic tank milik BapakYunus Moha , seorang warga yang belum memiliki jamban.


Menanggapi program sejuta jamban yang dicanangkan pemerintah, warga masyarakat setempat merespon dengan ucapan terima kasih dan menyambutnya dengan antusias untuk membantu menyukseskan program tersebut. Sebab, sebelumnya warga setempat terbiasa BAB di sembarang tempat. Sehingga dengan kebiasaan tersebut menciptakan lingkungan yang kurang sehat.


“Saya sangat senang dan berterimakasih mendapat bantuan pembuatan jamban, sehingga kami tidak perlu lagi buang air di sungai,” kata Warga setempat dengan mata berbinar. Tuturnya.

ADMIN

author
suwarnoRealase at

Nothing

0 komentar

Comment Now