TENTARA NASIONAL INDONESIA - KOMANDO DAERAH MILITER XIII/MERDEKA

KODIM BOLMONG BINA PULUHAN PREMAN LEWAT MATERI BELA NEGARA

By , Comment
Share on Facebook Tweet on Twitter
B O L M O N G – Sejumlah puluhan preman dan pengangguran mendapat pembinaan dan keterampilan dari Kodim 1303/BM yang bekerja sama dengan Kesbangpol Kabupaten Bolmong, Selasa (21/11). Ini dilakukan untuk meminimalisir tingkat kejahatan di daerah Bolaang Mongondow.
“Selama ini keberadaan para preman ini sudah meresahkan warga. Makanya, kami punya program khusus untuk menyadarkannya. Salah satunya memberikan pembinaan dan keterampilan dalam materi Bela Negara,” Ucap Kasdim 1303/BM Mayor Inf Lucky Sonny Maramis saat membuka kegiatan Bela Negara di Makodim 1303/BM selama beberapa hari kedepan. Kasdim Bolmong mengatakan, dalam pembinaan ini mereka akan diberi pemahaman tentang sikap bela negara, menanamkan cinta terhadap tanah air. “Kami mengajarkan tentang ideologi pancasila, rela berkorban demi tanah air, bangsa dan negara,” kata Kasdim 1303/BM. Lebih lanjut, dia mengatakan, Kodim 1303/BM juga memberikan pemahaman mengenai ancaman narkoba, gerakan radikalisme. Karena, ini semua bisa merusak tatanan dan budaya bangsa.
DSC_0314“Disamping pemberian materi tertulis kami juga melatih mereka dalam peraturan baris berbaris (PBB) di lapangan serta lari aerobik bersama sama dengan personil Kodim 1303/BM”, Tutup Kasdim. Sementara itu di sesi yang lain Komandan Koramil 1303-02/Passi, Kapten Inf Asrak Badarun mengatakan penyuluhan Bela Negara ini untuk memberikan wawasan bagaimana mempertahankan kelangsungan hidup Bangsa dan Negara, menjaga identitas dan integritas bangsa dan negara, melestarikan budaya serta menjalankan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila dan UUD 1945. “Kalau bukan kita yang menjaga dan mempertahankan Negara ini, siapa lagi,”Ucap Danramil 1303-02/Passi.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa dirinya adalah warga negara NKRI yang memiliki UUD 1945 dan Pancasila dan juga meningkatkan pemahaman akan hak dan kewajibannya, mempunyai rasa bangga dan cinta tanah air serta rela berkorban demi kepentingan Negara dan Bangsa. Danramil juga menambahkan, “sebagai bangsa yang merdeka harus bisa mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai peran dan kegiatan, salah satunya adalah dengan peduli pada situasi yang terjadi, dimulai dari lingkungan kita masing masing”, Tutup Danramil.


ADMIN

author
suwarnoRealase at

Nothing

0 komentar

Comment Now