TENTARA NASIONAL INDONESIA - KOMANDO DAERAH MILITER XIII/MERDEKA

PETANI BERSAMA BABINSA BOLTIM KUMPUL BARENG

By , Comment
Share on Facebook Tweet on Twitter
BOLTIM- Koramil 1303-05/Kotabunan, Serka Rahim hari ini mendampingi acara sosialisasi Pekerjaan pembangunan irigasi dan rawa di Balai Desa Nuangan 1 Kec Nuangan kab. Bolaang Timur
Musyawarah yang dipimpin Camat Nuangan Husen sawie,SE membahas rencana tentang perbaikan irigasi sawah. Tiga petak sawah milik Sumaryati (48) terpaksa tidak bisa ditanami padi karena dipenuhi pasir dan lumpur yang terbawa air sungai yang meluap pada saat terjadi hujan deras beberapa hari yang lalu.
” Untuk mengatasi hal tersebut Babinsa Desa Nuangan Serka Rahim menyarankan untuk meminjam alat mesin tani (eskavator) yang telah disediakan oleh Kodim 1303/BM untuk mengeruk pasir dan lumpur agar sawah bisa segera ditanami kembali,” ujar Babinsa.
Perbaikan irigasi sawah sebagai penyediaan dan pengembangan pertanian dalam rangka swasembada pangan padi. Hal tersebut nantinya juga akan dilakukan dan akan segera dikerjakan proyek irigasi tersebut,sebagai kerangka utama untuk mencapai swasembada pangan yang diharapkan, yakni pengembangan jaringan irigasi, optimasi lahan, dan bantuan alat mesin tersebut agar tidak terjadi luapan air sungai masuk ke Sawah.
Perbaikan sawah serta irigasi yang kita lakukan nanti, merupakan momentum yang tepat untuk mensinergikan berbagai substansi dalam usaha mewujudkan tujuan pembangunan pertanian, yaitu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani melalui berbagai pola kemitraan.
Termasuk kemitraan antara TNI dan petani, dan hal ini sekaligus merupakan wujud penajaman komitmen TNI dan petani yang disepakati dan ditetapkan melalui musyawarah. Tampak hadir dalam pertemuan tersebut,kapolsek nuangan Iptu suwoyo, Danramil 05 yg di wakili Babinsa nuangan 1303-05/kotabunan Serka Rahim, Kepala Balai sungai provinsi yang di wakili oleh Bapak Angki, Kadis PU Boltim yang di wakili oleh alfian makalalag, Para sangadi se Kec. Nuangan , serta pemilik sawah Sumaryati.

ADMIN

author
suwarnoRealase at

Nothing

0 komentar

Comment Now